SOSIALISASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DILINGKUNGAN SATKER PEMKOT SEMARANG

SOSIALISASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DILINGKUNGAN  SATKER PEMKOT SEMARANG

Inspektur Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Inspektur Pembantu Khusus - Dhoni Widianto memberikan sosialisasi pelaksanaan reformasi birokrasi dilingkungan satuan kerja Pemerintah Kota Semarang. Acara dibuka oleh Walikota Semarang dengan narasumber lainnya adalah Sekda Kota Semarang dengan peserta seluruh Kepala SKPD Pemkot Semarang.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur

Posisi Kota Semarang di tahun 2020 masih di posisi B jadi masih ada beberapa tingkatan lagi diatasnya. Sehingga ini menjadi sebuah tantangan bagi Pemerintah Kota Semarang bagaimana bisa lebih berada pada tingkatan yang lebih tinggi. Diharapkan untuk dapat bergerak bersama sebagai upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance). Agar terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif, dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik. 

Sementara itu Dhoni Widianto menyampaikan strategi peningkatan capaian reformasi birokrasi meliputi :

1 - Tim reformasi birokrasi perlu melakukan sosialisasi reformasi birokrasi ditingkat OPD

2 - Menindak lanjuti rekomendasi hasil evaluasi Menpanrb

3 - Perlu reviu reformasi birokrasi oleh APIP

4 - Tim PMPRB harus aktif dalam pendampingan di OPD khususnya di 12 OPD yang akan dijadikan sample evaluasi.

Sosialisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pada Pemerintah Kota Semarang diharapkan dapat meningkatkan capaian penilaian reformasi birokrasi sehingga pelayanan publik yang prima dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yg profesional dapat terwujud. Dalam kesempatan tersebut, Sdr. Dhoni memberikan strategi dalam Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) yang bisa diadopsi oleh Pemkot Semarang.

Kegiatan dilaksanakan di Diamond Ballroom Hotel Pesonna Semarang (27/5

Dipost Oleh Author

Cegah Korupsi

Post Terkait

Tinggalkan Komentar