Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022

Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022

Pekalongan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (RAKORWASDA) Tahun 2022 di Hotel Santika Pekalongan (13/7).

Acara ini dilakukan secara hybrid dengan tema “Peran APIP Daerah dalam mengawal Kebijakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Provinsi Jawa Tengah”. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini yaitu identifikasi ekspektasi stakeholders atas pengawasan P3DN, identifikasi desain pengawasan P3DN, serta sinergi dan kolaborasi APIP Daerah atas desain pengawasan P3DN.

Hadir pada acara ini Inspektur Kab/Kota se-Jawa Tengah, Bupati/Walikota eks. Karesidenan Pekalongan secara luring dan seluruh Bupati/Walikota se-Jawa Tengah secara daring dan BPKP Perwakilan Jateng. Acara diawali dengan laporan ketua penyelenggara oleh Plt. Inspektur Provinsi Jawa Tengah Bapak Dhoni Widianto yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Walikota Pekalongan Bapak H. A. Afzan Arslan Djunaid dan Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintah Desa, BPKP RI Bapak Wasis Prabowo. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Bapak H. Taj Yasin Maimoen sekaligus membuka acara RAKORWASDA.

Narasumber dari acara ini yaitu Inspektur II Itjen Kemendagri Dr. Ucok A. Damenta yang menyampaikan materi mengenai “ Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022 dalam Rangka Mengawal Percepatan P3DN dan Belanja Produk Dalam Negeri”. Narasumber dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo dengan materi “Pengawasan P3DN Jawa Tengah”. Narasumber dari Inspektur Grobogan Moch. Susilo dengan materi “Peran Inspektorat Daerah dalam Pelaksanaan Kebijakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Narasumber dari Plt. Direktur dan Supervisi KPK Edi Suryanto dengan materi “Penguatan Transparansi & Akuntabilitas Pengadaan Barang & Jasa”. Moderator dari acara ini yaitu Inspektur Kota Pekalongan Bapak Nur Priyantomo.

Dengan diselenggarakannya acara RAKORWASDA Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 diharapkan dapat memberikan semangat untuk terciptanya sinergi APIP di Provinsi Jawa Tnegah dengan Pemerintah Pusat dalam rangka menyukseskan Kebijakan P3DN.

- R. Roviaji

Dipost Oleh Author

Cegah Korupsi

Post Terkait

Tinggalkan Komentar