BERANTAS KORUPSI SAMBIL NGOPI

BERANTAS KORUPSI SAMBIL NGOPI

 

Semarang,10 Oktober 2019 , bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja,Jl.Pahlawan Semarang dilaksanakan Penandatanganan Pedoman Kerja dan Launching Forum Kerja Sama Penanganan Laporan atau Pengaduan Masyarakat yang Berindikasi Tindak Pidana Korupsi Pada Peneyelenggaraan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang diinisiasi oleh Ditreskrimsus Polda Jateng bekerja sama dengan Kejati Jateng dan Pemprov Jateng. Acara ini sebagai tindak lanjut Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi Jateng, Kejaksaan Tinggi Jateng dan Kepolisian daerah Jateng tanggal No. Nomor: 120/022/2018, Nomor: B.1593/03/05/2018, Nomor: MoU/26/V/2018 tanggal 7 Mei 2018 tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) Dalam Penanganan Laporan atau Pengaduan Masyarakat Yang Berindikasi Tindak Pidana Korupsi Pada Penyelenggara Pemerintah Daerah Provinsi Jateng. Acara pertama dimulai dengan Penandatanganan Pedoman Kerja Antara Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Dan Inspektorat Provinsi Jawa Tengah Tentang Forum Kerja Sama APIP Dan APH Terkait Penangangan Laporan Atau Pengaduan Masyarakat Yang Berindikasi Tindak Pidana Korupsi Pada Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Hadir menandatangani pedoman kerja tersebut Hendri Santosa,SE,AK,CA,M.Si (Inspektur Provinsi Jawa Tengah), Kombes Pol. Drs.Moh.Hendra Suhartiono,M.Si (Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Tengah),Drs.Ketut Sumedana,SH,MH (Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah). Dengan adanya pedoman kerja sama ini diharapkan sinergisitas antar aparat di lingkungan Provinsi Jawa Tengah semakin solid demi terwujudnya Birokrasi Bersih Melayani di segala sektor pelayanan publik.

“Kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial, tapi ini sebagai tindak lanjut upaya kerja sama antara APIP dan APH dalam bentuk format kerja.Yang terpenting adalah keinginan kuat kita untuk membuat birokrasi dan proses penyelenggaraan pemerintahan semakin bersih dengan membuka akses masyarakat seluas-luasnya untuk mengawasi dan mengadu jalannya pemerintahan melalui portal dan website ini. Konsekuensinya kita harus siap untk menjadi transparan dan responsif terhadap masyarakat.” Ucap Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., dalam sambutannya. Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali menegaskan bahwa kerjasama ini merupakan sebuah inovasi yang bagus dan baru pertama di Indonesia. “Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarajat jateng, 6 tahun saya memimpin jawa tengah di tengah kekeringan dan karhutla ,Ada situasi yang menyejukkan Jawa Tengah dianugerahi Provinsi Paling Berintegritas oleh KPK RI. Tentunya ini hasil upaya dari seluruh rakyat Jawa Tengah.Sebagai aparatur mari kita mudahkan layanan kepada masyarakat.Hanya ada 3 kata : Mudah, Murah, Cepat. " ucap Ganjar Pranowo yang kemudian disambut dengan tepuk tangan dari para hadirin dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Launching Forum Kerja Sama Penanganan Laporan atau Pengaduan Masyarakat yang Berindikasi Tindak Pidana Korupsi Pada Peneyelenggaraan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Forum kerja sama ini diimplementasikan dengan dibuatnya portal penanganan aduan masyarakat yang akan dikelola secara bersama oleh Inspektorat Provinsi Jawa Tengah , Kepolisian Daerah Jawa Tengah, dan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Sebagai Pejabat Penghubung di masing-masing instansi : Inspektur Pembantu Khusus (Inspektorat Provinsi Jawa Tengah) ,Koordinator Pidana Khusus (Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah), dan Kasubit III Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Jateng. Mengambil Tagline “Berantas Korupsi Sambil Ngopi” diharapkan Forum ini dapat bekerja sama memberantas korupsi sehangat dan semudah jika kita sedang ngopi bersama, terang AKBP Gunawan,S.Si, Kasubdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Jateng sebagai penginisiasi kegiatan ini.

Dipost Oleh Author

Cegah Korupsi

Post Terkait

Tinggalkan Komentar