APIP, “Internal Auditor” yang juga “Consulting Partner”

APIP, “Internal Auditor” yang juga “Consulting Partner”

Semarang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kembali menggelar Workshop Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam Pengawasan Keuangan Daerah di Lingkungan Inspektorat se-Jawa Tengah. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 24 – 27 April di Aula Inspektorat Provinsi Jawa Tengah itu sebagai bagian dari pelaksanaan Rencana Aksi Koordinasi Supervisi dan Pencegahaan Korupsi Terintegrasi di wilayah Jawa Tengah.

Saat membuka acara, Kepala Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Samono, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KPK dan Inspektorat Jateng atas pelaksanaan workshop untuk kali kedua ini. Melalui workshop tersebut diharapkan mampu memperkuat sumber daya manusia (SDM) pengawasan dalam pencegahan korupsi, terutama di provinsi ini.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Tim Korsupgah Wilayah Jawa Tengah, M Najib Wahito. Dia mengungkapkan untuk meningkatkan level Kapabilitas APIP perlu memperhatikan dan menjalankan sistem three line of defence atau lini pertahanan ketiga, yang menekankan pada pengawasan internal.

“Sehingga peran APIP sebagai internal auditor berada pada garis ketiga sebagai quality inssurance dan consulting partner,” tandasnya.

Sekretaris Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, Dhoni Widianto menekankan pentingnya komitmen dan integritas APIP dalam pengawasan keuangan daerah. Bagaimana pun APIP merupakan agen perubahan untuk mewujudkan good government dan clean governance.

“Dalam hal ini, APIP dituntut bisa berperan efektif dalam tiga hal. Yakni assurance activities (memberikan penjaminan), anti corruption activities, serta consulting activities (konsultasi termasuk mencari solusi atas semua permasalahan),” tegasnya.

Ditambahkan, selama empat hari ke depan, para peserta akan mendapatkan materi mengenai Pengadaan Barang dan Jasa, Audit Investigatif, serta Proses Penanganan Aduan Masyarakat. Narasumber yang menyampaikan materi di antaranya dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Kejaksaan Negeri Jawa Tengah, dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah. (Inspektorat Jateng/Ul, Diskominfo Jateng)

Dipost Oleh Administrator

Visi Inspektorat Provinsi Jawa Tengah adalah "Menjadi APIP yang mampu mendorong terwujudnya penyelenggaraan Pemerintah daerah baik di Jateng

Post Terkait

Tinggalkan Komentar